Jumat, 24 Mei 2013

Kerusakan Fisik Hasil Pertanian

Kerusakan Fisik Hasil Pertanian 

Faktor-faktor fisik/mekanis yang dapat merusak bahan-bahan hasil pertanian segar 

dan bahan pangan olahan adalah : 

a. Stress atau tekanan fisik, yaitu kerusakan yang diakibatkan karena jatuh atau oleh adanya gesekan. 

b. Vibrasi (getaran), yang dapat mengakibatkan kerusakan pada bahan atau kemasan selama dalam perjalanan atau distribusi. 


Untuk menanggulanginya dapat digunakan bahan anti getaran. Jenis perlindungan yang dapat diberikan kepada bahan pangan atau kemasan bahan pangan untuk mencegah kerusakan mekanis tergantung dari model dan jumlah tumpukan barang atau kemasan, jenis transportasi (darat, laut atau udara) dan jenis barang. Kemampuan kemasan untuk melindungi bahan yan dikemasnya dari kerusakan mekanis tergantung pada kemampuannya terhadap kerusakan akibat tumpukan di gudang atau pada alat transportasi, gesekan dengan alat selama penanganan, pecah atau patah akibat tubrukan selama penanganan atau getaran selama transportasi. Beberapa bahan pangan misalnya buah-buahan yang segar, telur dan biskuit merupakan produk yang sangat mudah rusak dan memerlukan tingkat perlindungan yang lebih tinggi untuk mencegah gesekan antara bahan, seperti penggunaan kertas tissue, lembaran plastik, kertas yang dibentuk sebagai kemasan individu (misalnya karton untuk telur, wadah buah dan lain-lain). 

Bahan-bahan pangan lain, dilindungi dengan cara mengemasnya dengan kemasan yang kaku dan pergerakannya dibatasi dengan dengan kemasan plastik atau stretch/shrink film yang dapat mengemas produk dengan ketat. Peti kayu atau drum logam merupakan kemasan dengan perlindungan mekanis yang baik Kemasan ini sekarang sudah digantikan dengan bahan komposit yang lebih murah yang terbuat dari kotak serat (fiberboard) dan polipropilen. 


DAFTAR PUSTAKA 


Anonim. ____. Kelembaban. Didownload di www.wikipedia.org. Pada tanggal 1 Februari 2012. 

Mulier, HG. 1973. An Introduction to Food Rheology. Heinemann. London. 

Rachmawan, Obin. 2001. Pengelompokan dan Penyimpangan Mutu Hasil Pertanian. Departemen Pendidikan Nasional. 

Yuwono, Sudarminto. 2001. Pengujian Fisik Pangan. UNESA Press. Surabaya. 

ads

Ditulis Oleh : Dermon Siahaan Hari: 08.25 Kategori:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar