KATA PENGANTAR
Puji syukur kita panjatkan kehadirat Tuhan Yang Maha Esa, karena tuntunan, rahmat, dan karunia-Nyalah kita dapat melanjutkan kehidupan kita terutama kita tetap dapat menjalani aktivitas kita sehari-hari sebagai seorang mahasiswa, dan oleh karena perkenaannya pula penulis dapat menyelesaikan makalah ini sebagai bentuk tugas mata kuliah “Entrepreneurship (Kewirausahaan.
Makalah ini berjudul “Entrepreneur Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Dunia Periklanan Google Adsense”. Dalam menyusun makalah ini, penulis telah berupaya semaksimal mungkin untuk menyajikan yang terbaik sesuai kemampuan penulis. Harapannya, semoga makalah ini dapat memberikan manfaat bagi pembaca khususnya mahasiswa terutama dalam menyusun makalah selanjutnya yang dapat digunakan sebagai referensi.
Akhir kata pengantar ini penulis mengucapakan terimakasih kepada Bapak Sutandra, S.Sos. yang telah membimbing kami dalam proses belajar-mengajar, dan kepada semua pihak yang telah membantu dalam penyusunan makalah ini, dan jika ada kritik dan saran yang bersifat membangun penulis akan menerimanya sebagai bahan acuan mengoreksi diri dan kedepannya dapat menyajikan yang lebih baik lagi dari makalah ini.
Penulis
BAB I
PENDAHULUAN
1.1 Latar Belakang Masalah
Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang sangat pesat perkembangannya maka dunia marketing online atau dunia periklanan online muncul. Pada awalnya periklanan di media Internet adalah memindahkan materi iklan yang sudah berjalan di media konvensional (televisi, majalah, surat kabar) ke dalam website. Namun pada perkembangannya, pemanfaatan karakteristik media Internet mampu memaksimalkan hasil yang didapat melalui aktifitas periklanan di Internet. Hal tersebut menjadikan media Internet kini dipakai sebagai bagian dari bauran pamasaran (marketing mix) dengan pendekatan yang berbeda sesuai dengan karakteristik media dan target audiens yang ingin dicapai.
Dalam dunia periklanan online saya membahas tentang Google Adsense dimana pada dunia periklanan google adsense setiap orang bisa menghasilkan uang dari dunia internet terutama buat kalangan mahasiswa yang sedang melakukan perkuliahan tapi tidak memiliki perkerjaan tetap, karena dalam periklanan google adsense yang terpenting kita mempunyai sebuah blog / website yang sudah memiliki trafik atau pengunjung sudah bisa bergabung dengan perusahaan penyedia google adsense yaitu Google.Inc.
1.2 Rumusan Maslah
Adapun rumusan masalah yang akan dibahas dalam makalah ini adalah sebagai berikut:
1. Apa yang dimaksud dengan Industri Periklanan Kreatif
2. Apa yang dimaksud dengan Periklanan Google Adsense dan cara kerjanya ?
3. Bagaimana Cara melakukan pemasangan iklan Google Adsense di Blog ?
4. Contoh blog yang terpasang iklan Google Adsense.
5. Bukti nyata penghasilan dari Google Adsense.
1.3 Manfaat Penulisan
1. Bagi penulis; menambah wawasan dan pemahaman tentang pentingnya mendalammi Google Adsense dalam dunia periklanan online karena ini sebuah bisnis yang berorientasi pada prospek jangka panjang.
2. Bagi dunia pendidikan, menambah koleksi dan khasanah pengetahuan terutama dibidang Entrepreneurship (kewiraushaan) khususnya tentang periklanan online, sehingga dapat menjadi bahan acuan bagi mahasiswa yang akan menyusun makalah selanjutnya.
BAB II
PEMBAHASAN
2.1 Pengertian Industri Periklanan Kreatif
Industri Periklanan Kreatif dapat diartikan sebagai kumpulan periklanan aktivitas ekonomi yang terkait dengan penciptaan atau penggunaan pengetahuan dan informasi untuk diolah menjadi hal yang menjadi daya tarik bagi yang melihat,membaca atau mendengarnya.
Industri periklanan kreatif dapat didefinisikan sebagai industri yang menggali pemanfaatan kreativitas, keterampilan, serta bakat personal untuk menciptakan tingkat kesejahteraan dan lapangan pekerjaan baru dengan cara memproduksi dan eksplorasi daya kreasi dan daya cipta individunya agar menghasilkan sebuah iklan yang dapat menarik perhatian pemirsanya.
Sejak awal dikenalnya, periklanan telah mempunyai kaitan yang kompleks dengan berbagai perkembangan di bidang-bidang lain. Utamanya, antara bidang-bidang industri dan komunikasi, atau antara perdagangan dan informasi. Hal ini perlu diketahui, untuk memahami perubahan-perubahan tujuan, pengelolaan dan metode periklanan pada masing-masing zamannya.
Pengetahuan, keahlian dan keterampilan di bidang industri periklanan, terutama yang terkait konsep kreatif yang mendukung perencanaan Komunikasi Pemasaran Terpadu. Didukung dengan fasilitas insfrastruktur studio fotografi, studio audio visual, studio digital grafis, dan lain sebagainya ,Yang namanya kreatif tentu didasari oleh jiwa seni yang tinggi serta dan cenderung linteral thinking atau yang biasa disebut sering keluar dari jalur,dan orang-orang kreatif adalah orang yang mampu melepaskan diri dari kebuntuan.
Tim industri kreatif terkadang susah-susah gampang Mencari ide kreatif yang cocok. Semua tim benar-benar berpikir sendiri-sendiri dulu dengan cara masing-masing.
Di Indonesia,pertumbuhan industri periklanan kreatif sangat berkembang pesat,seperti yang sering kita lihat di dalam rumah dan diluar rumah, Wajar mereka menganggap bahwa Indonesia adalah bagian terpenting dari perkembangan dunia digital masa depan.
Didalam industri periklanan kreatif juga ada rambu-rambu yang di atur oleh undang-undang tentang bagaimana menjalankan industri periklanan kreatif,untuk melihat lebih jelas tentang undang-undang industry periklanan anda dapat kunjungi situs www.p3i-pusat.com.maaf saya tidak bisa membeberkan lebih rinci masalah undang-undang ini,disebabkan saya bukan pakar hukum,saya hanya pengusaha yang mengerti jalur dimana saya berada saja.
Menurut Tim Survey Nielsen Indonesia ,Perolehan iklan di Indonesia pada 2012 tercatat mencapai lebih dari Rp87 triliun atau tumbuh sekitar 20% dari tahun sebelumnya.
Menurut Tim Survey Nielsen Indonesia ,Stasiun televisi masih mendominasi pangsa iklan tahun lalu dengan meraup 64% dari total belanja iklan, diikuti oleh surat kabar (33%) dan majalah, serta tabloid (3%) dan media lainnya.
Sektor telekomunikasi masih menjadi pengiklan terbesar di semua media pada 2012 dengan nilai lebih dari Rp4,9 triliun, meskipun belanja iklannya mengalami penurunan hingga 15% dibandingkan dengan 2011.
Pengiklan kedua terbesar pada 2012 adalah kategori pemerintahan/partai politik dengan belanja iklan lebih dari Rp4,3 triliun, disusul oleh kategori perawatan rambut dengan nilai lebih dari Rp4,1 triliun.
Menurut Sumber emarketer.com Internasional, Indonesia memiliki pertumbuhan ekonomi penduduk yang kuat, banyak investasi asing mendirikan industri mulai dari telekomunikasi ,eksploitasi sumber daya alam dll. Akibatnya, negara ini bergerak naik , dan saat ini menjadi incaran pasar untuk merek internasional. perkiraan eMarketer bahwa jumlah belanja iklan media di negara ini akan meningkat 20% pada 2012 menjadi $ 8.610.000.000 atau sama dengan Rp 87.378.000.000.000.
Sub-sektor yang merupakan industri berbasis kreativitas di Indonesia berdasarkan pemetaan industri kreatif yang telah dilakukan oleh Departemen Perdagangan Republik Indonesia adalah:
Periklanan
Advertising (periklanan) adalah penyajian materi secara persuasif kepada publik melalui media massa dengan tujuan untuk mempromosikan barang atau jasa ,Kegiatan kreatif yang berkaitan jasa periklanan (komunikasi satu arah dengan menggunakan medium tertentu), yang meliputi proses kreasi, produksi dan distribusi dari iklan yang dihasilkan, misalnya riset pasar, perencanaan komunikasi iklan, iklan luar ruang, produksi material iklan, promosi, kampanye relasi publik, tampilan iklan di media cetak (surat kabar, majalah) dan elektronik (televisi dan radio), pemasangan berbagai poster dan gambar, penyebaran selebaran, pamflet, edaran, brosur dan reklame sejenis, distribusi dan delivery advertising materials atau samples, serta penyewaan kolom untuk iklan.
Arsitektur
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan jasa desain bangunan, perencanaan biaya konstruksi, konservasi bangunan warisan, pengawasan konstruksi baik secara menyeluruh dari level makro (Town planning, urban design, landscape architecture) sampai dengan level mikro (detail konstruksi, misalnya: arsitektur taman, desain interior). Kode KBLI (Klasifikasi Baku Lapangan Usaha)
Pasar Barang Seni
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan perdagangan barang-barang asli, unik dan langka serta memiliki nilai estetika seni yang tinggi melalui lelang, galeri, toko, pasar swalayan, dan internet, misalnya: alat musik, percetakan, kerajinan, automobile, film, seni rupa dan lukisan.
Kerajinan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi dan distribusi produk yang dibuat dihasilkan oleh tenaga pengrajin yang berawal dari desain awal sampai dengan proses penyelesaian produknya, antara lain meliputi barang kerajinan yang terbuat dari: batu berharga, serat alam maupun buatan, kulit, rotan, bambu, kayu, logam (emas, perak, tembaga, perunggu, besi) kayu, kaca, porselin, kain, marmer, tanah liat, dan kapur. Produk kerajinan pada umumnya hanya diproduksi dalam jumlah yang relatif kecil (bukan produksi massal).
Desain
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain grafis, desain interior, desain produk, desain industri, konsultasi identitas perusahaan dan jasa riset pemasaran serta produksi kemasan dan jasa pengepakan.
Fashion
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi desain pakaian, desain alas kaki, dan desain aksesoris mode lainnya, produksi pakaian mode dan aksesorisnya, konsultansi lini produk fesyen, serta distribusi produk fesyen.
Video, Film dan Fotografi
Kegiatan kreatif yang terkait dengan kreasi produksi video, film, dan jasa fotografi, serta distribusi rekaman video dan film. Termasuk di dalamnya penulisan skrip, dubbing film, sinematografi, sinetron, dan eksibisi film.
Permainan Interaktif
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi, produksi, dan distribusi permainan komputer dan video yang bersifat hiburan, ketangkasan, dan edukasi. Subsektor permainan interaktif bukan didominasi sebagai hiburan semata-mata tetapi juga sebagai alat bantu pembelajaran atau edukasi.
Musik
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan kreasi/komposisi, pertunjukan, reproduksi, dan distribusi dari rekaman suara.
Seni Pertunjukan
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha pengembangan konten, produksi pertunjukan (misal: pertunjukan balet, tarian tradisional, tarian kontemporer, drama, musik tradisional, musik teater, opera, termasuk tur musik etnik), desain dan pembuatan busana pertunjukan, tata panggung, dan tata pencahayaan.
Penerbitan dan Percetakan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan penulisan konten dan penerbitan buku, jurnal, koran, majalah, tabloid, dan konten digital serta kegiatan kantor berita dan pencari berita. Subsektor ini juga mencakup penerbitan perangko, materai, uang kertas, blanko cek, giro, surat andil, obligasi surat saham, surat berharga lainnya, passport, tiket pesawat terbang, dan terbitan khusus lainnya. Juga mencakup penerbitan foto-foto, grafir (engraving) dan kartu pos, formulir, poster, reproduksi, percetakan lukisan, dan barang cetakan lainnya, termasuk rekaman mikro film.
Layanan Komputer dan Piranti Lunak
Kegiatan kreatif yang terkait dengan pengembangan teknologi informasi termasuk jasa layanan komputer, pengolahan data, pengembangan database, pengembangan piranti lunak, integrasi sistem, desain dan analisis sistem, desain arsitektur piranti lunak, desain prasarana piranti lunak dan piranti keras, serta desain portal termasuk perawatannya.
Televisi dan Radio
Kegiatan kreatif yang berkaitan dengan usaha kreasi, produksi dan pengemasan acara televisi (seperti games, kuis, reality show, infotainment, dan lainnya), penyiaran, dan transmisi konten acara televisi dan radio, termasuk kegiatan station relay (pemancar kembali) siaran radio dan televisi.
Riset dan Pengembangan
Kegiatan kreatif yang terkait dengan usaha inovatif yang menawarkan penemuan ilmu dan teknologi dan penerapan ilmu dan pengetahuan tersebut untuk perbaikan produk dan kreasi produk baru, proses baru, material baru, alat baru, metode baru, dan teknologi baru yang dapat memenuhi kebutuhan pasar; termasuk yang berkaitan dengan humaniora seperti penelitian dan pengembangan bahasa, sastra, dan seni; serta jasa konsultansi bisnis dan manajemen.
Kuliner:
kegiatan kreatif ini termasuk baru, kedepan direncanakan untuk dimasukkan ke dalam sektor industri kreatif dengan melakukan sebuah studi terhadap pemetaan produk makanan olahan khas Indonesia yang dapat ditingkatkan daya saingnya di pasar ritel dan passar internasional. Studi dilakukan untuk mengumpulkan data dan informasi selengkap mungkin mengenai produk-produk makanan olahan khas Indonesia, untuk disebarluaskan melalui media yang tepat, di dalam dan di luar negeri, sehingga memperoleh peningkatan daya saing di pasar ritel modern dan pasar internasional. Pentingnya kegiatan ini dilatarbelakangi bahwa Indonesia memiliki warisan budaya produk makanan khas, yang pada dasarnya merupakan sumber keunggulan komparatif bagi Indonesia.
2.2 Pengertian Google Adsense dan Cara Kerjanya
Google Adsense Yaitu suatu ekstensi dari program AdWord yang berfungsi sebagai media follow up penayangan iklan, dengan system bagi hasil, memberi peluang bagi pemilik situs web untuk menempatkan iklan AdWord dengan imbalan komisi per-klik pada setiap iklan yang ditampilkan pada situs membernya. Dengan pola ini, Google menciptakan peluang bagi siapa saja untuk ikut ambil bagian dalam bisnis yang sangat menguntungkan.
Dengan member Adsense, kita akan mendapat sebaris kode javascript khusus, kita tinggal mngcopy-paste dan tempatkan dalam kode HTML halaman situs, lalu ketika ada seorang mengunjungi situs kita, maka mereka akan melihat Google adsense dan ketika meraka mengklik, maka kita akan mendapatkan Dollar. Google kemudian mengambil sebagian untuk biaya iklan tersebut dan sisanya akan diberikan kepada kita. Persentase pembagiannya, untuk iklan rata-rata 32%, berarti kita mendapat 68% dari harga sebuah klik iklan. Ini merupakan peluang bisnis yang cukup menggiurkan dengan nilai US DOLLAR.
Cara Kerja Adsense Dengan Jaringan Iklan Tesertifikasi Google
AdSense memungkinkan jaringan iklan tersertifikasi Google untuk bersaing memperoleh unit iklan. Kemampuan baru ini, yang disebut pengelolaan hasil, didukung oleh DoubleClick Ad Exchange dan membantu menghasilkan keuntungan terbesar untuk setiap iklan yang muncul di situs Anda. Lebih banyak jaringan iklan berarti persaingan lebih ketat; akibatnya, Anda dapat menciptakan keuntungan terbesar untuk setiap unit iklan, apakah tawaran pemenang berasal dari AdWords atau jaringan iklan lain.
Rincian tambahan:
Iklan bertarget kategori, iklan bertarget penempatan, dan pemasaran ulang dari jaringan iklan tesertifikasi Google layak tampil pada laman Anda yang akan meningkatkan persaingan untuk mendapatkan unit iklan Anda dan membuat ruang iklan yang tersedia menjadi lebih bernilai.
Anda dapat dengan mudah menyisih dari jaringan iklan tesertifikasi Google untuk mengajukan tawaran atas inventaris menggunakan
kontrol di Pusat Peninjauan Iklan.
Jaringan iklan tesertifikasi Google yang ingin menempatkan iklan pada situs penayang AdSense harus mematuhi
kebijakan AdWords, sehingga Anda memperoleh jaminan mutu iklan yang sama seperti biasa. Selain itu, pengiklan yang ingin mengakses inventaris AdSense Anda harus mematuhi
standar penayangan iklan pihak ketiga.
Beberapa jaringan iklan tesertifikasi Google menggunakan data pemirsa untuk menargetkan iklan yang lebih relevan bagi pengguna. Anda dapat menyisih dari iklan tersebut menggunakan
setelan preferensi iklan pihak ketiga di akun AdSense.
Semua jaringan iklan tesertifikasi Google harus mematuhi
kebijakan format iklan Google AdWords standar.
2.3 Bagaimana Cara Melakukan Pemasangan Iklan Google Adsense di Blog.
2.3a Membuat unit iklan
Untuk membuat
unit iklan AdSense baru yang dapat Anda kelola di akun Anda, ikuti petunjuk berikut.
Masuk ke akun Anda di
http://www.google.com/adsense.
Kunjungi tab Iklan saya.
Dari bilah samping, pilih produk. Jika Anda hanya ingin menampilkan iklan pada situs web Anda, pilih "Konten".
Klik +Unit iklan baru.
Beri nama dan sesuaikan unit iklan Anda.
Klik Simpan dan dapatkan kode.
Pilih jenis kode yang akan digunakan:
Untuk menggunakan
kode iklan asinkron, biarkan jenis kode ditetapkan ke "Asinkron" di menu tarik-turun Jenis kode.
Jika Anda ingin menggunakan kode iklan AdSense yang ada, pilih "Sinkron" dari menu tarik-turun Jenis kode.
Jika Anda memilih untuk membuat
unit iklan responsif, Anda tidak akan melihat menu tarik-turun Jenis kode di kotak “Kode iklan”. Unit iklan responsif hanya menggunakan kode iklan asinkron
Salin kode iklan google adsense
Kalau menggunakan blogger maka kita login ke blogger
Setelah login ke blogger maka masuk ke layout, klik add a gadget
Tempelkan
kode iklan ke kode sumber HTML laman Anda, tempat iklan ingin ditampilkan.
Klik Save maka iklan tersimpan
Setelah situs web/ blog Anda disimpan, iklan akan tampil dalam beberapa saat. Jika nanti Anda ingin mengubah setelan unit iklan ini, Anda dapat mengeditnya dari daftar iklan konten di bawah tab Iklan saya.
2.3b Contoh Blog Yang Terpasang Iklan Google Adsense.
Contoh Iklan Google Adsense
2.3c Bukti Nyata Penghasilan Dari Google Adsense
Payment Type
Western Union Quick Cash
Payment Date
Sep 24, 2013
Money Transfer Control Number (MTCN)
0009005050
Amount in Payment Currency
USD $155.49
Date Picked-up
Sep 27, 2013
Your payment is available for pick-up the day after the payment date above
Remember to bring the following when you pick up your payment at a local Western Union agent:
The amount of your payment
The Money Transfer Control Number (MTCN) for this payment
Your government issued ID (Passport, Driver's License, National ID, etc)
Sender's information:
Google Inc.
1600 Amphitheatre Parkway
Mountain View CA 94043
USA
Statement of Earnings BAB III
PENUTUP
KESIMPULAN
Setelah saya menyelesaikan pembuatan makalah ini, saya mengambil kesimpulan dari apa yang saya tuliskan tentang “Entrepreneur Berbasis Ekonomi Kreatif Dalam Dunia Periklanan Google Adsense” bahwa dizaman teknologi canggih saat ini terutama dalam perkembangan dunia internet yang semakin hari semakin murah maka setiap orang sudah bisa memiliki usaha sampingan untuk menambah penghasilannya dalam memenuhi kebutuhan hidupnya, baik itu mahasiswa, karyawan, dan juga para Ibu rumah tangga bisa menjalankan usaha periklanan google adsense ini karena yang kita butuhkan adalah hanya sebuah pc atau laptop dan juga terkonek dengan internet.
SARAN
Untuk penyempurnaan pembuatan makalah kedepannya, saya mengharapkan adanya saran dari semua pihak baik dosen maupun seluruh mahasiswa yang membaca makalah kewirausahaan ini terhadap kekurangan yang terdapat pada makalah ini.
DAFTAR PUSTAKA
http://www.iskandarst.com/industri-periklanan-kreatif/http://herugan.com/pengertian-google-adsense-dan-peluang-bisnis-dengan-adsensehttps://support.google.com/adsense/answer/152693?hl=idhttp://www.putrakomputer.com/2011/04/pengertian-dan-manfaat-google-adsesnse.html#.Uq8tpifDjDchttps://support.google.com/adsense/answer/179887?hl=id
Belum ada tanggapan untuk "Makalah Entrepreneur Berbasis Ekonomi Kreatif"
Posting Komentar