Sebagai bentuk Tanggung
Jawab Sosial Perusahaan (Corporate Social Responsibility) terhadap masyarakat,
Pelaksanaan program CSR yang telah dilakukan oleh Bio Farma dapat dibagi
menjadi tiga kategori, yaitu:
Community Development /
Empowering yaitu program pengembangan masyarakat oleh perusahaan yang diarahkan
untuk memperbesar akses masyarakat untuk mencapai kondisi sosial, ekonomi dan
lingkungan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan kondisi sebelumnya.
Program ini memberikan akses luas kepada masyarakat untuk menunjang
kemandiriannya yang diwujudkan melalui kegiatan antara lain
pendidikan/pelatihan kewirausahaan, dana bergulir bagi UMKM (usaha mikro, kecil
dan menengah), pendampingan pengembangan lingkungan hidup.
Community
Services, yaitu program dalam memenuhi kepentingan masyarakat,
berdasarkan kebutuhan masyarakat dalam jangka panjang. Program ini terdiri dari
kegiatan seperti pembangunan dan perbaikan Sekolah Dasar, tempat ibadah,
pembangunan infrastruktur jalan, jembatan, air bersih, drainase, MCK
Dalam
konteks CSR ini, program Community Services dapat dilakukan pula untuk
mendukung program Community Development dalam keterkaitan peningkatan ekonomi
lokal.
Community Relation, yaitu program yang
lebih bersifat kedermawanan (charity) perusahaan seperti kegiatan
vaksinasi dan pengobatan gratis, donor darah, beasiswa pendidikan, bantuan
korban bencana alam.
Dalam mengkomunikasikan
Program CSR Bio Farma diwujudkan melalui program Bio Farma to See atau yang
lebih populer dengan istilah Bio Farma2 CE yang terdiri dari :
- Communication, dimana perusahaan akan
mengutamakan komunikasi dengan para stakeholder baik
internal maupun eksternal;
- Community, dimana perusahaan membangun
dan menciptakan keterlibatan masyarakat dalam setiap kegiatan CSR ini (community
volunteerism);
- Employee, dimana perusahaan membangun
dan menciptakan keterlibatan para karyawan dalam setiap kegiatan CSR ini (employee
volunteerism);
- Earth-Environmen , dimana perusahaan menjaga
lingkungan (planet) sekitar.
Bio Farma 2 CE juga
sebagai bentuk peluang untuk memperoleh keunggulan kompetitif (responsibility
is opportunity) yang dilakukan oleh perusahaan dengan merujuk pada konsep
CSR berdasarkan ISO 26000 : 2010 mengenai tanggung jawab sosial. dengan objective dari
program ini dapat memberikan kontribusi yang mampu menciptakan pengembangan
terus-menerus (suistainable development).
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Tugas Seorang Corporate Social Responsibility"
Posting Komentar