A. Identifikasi dan Definisi Konseptual Variabel
1. Identifikasi variabel
a. Variabel bebas atau independent dalam penelitian ini adalah:
(x1) Kebudayaan
(x2) Sosial
(x3) Pribadi
(x4) Psikologi
b. Variabel terikat (dependent) ini adalah: Keputusan menggunakan produk (y).
2. Definisi konseptual variabel
a. Variabel bebas perilaku konsumen
Menurut Kotler (2001: 144-157)
1) Kebudayaan (X1)
Mendefinisikan : “Kebudayaan merupakan penentu keinginan dan perilaku yang paling mendasar untuk mendapatkan nilai, persepsi, preferensi dan perilaku dari lembaga-lembaga penting lainnya”.
2) Sosial (X2)
Mendefinisikan : “Pembagian masyarakat yang relatif homogen dan permanen yang tersusun secara hierarkis dan yang anggotanya menganut nilai-nilai, minat, dan perilaku yang serupa”.
3) Pribadi (X3)
Mendefinisikan: “Karakteristik psikologis seseorang yang berbeda dengan orang lain yang menyebabkan tanggapan yang relatif konsisten dan bertahan lama terhadap lingkungan”.
4) Psikologi (X4)
Mendefinisikan: “Sebagai bagian dari pengaruh lingkungan dimana ia tinggal dan hidup pada waktu sekarang tanpa mengabaikan pengaruh dimasa lampau atau antisipasinya pada waktu yang akan datang”.
b. Variabel bebas keputusan pembelian
Menurut Engel et.all, (2000:31): “Keputusan pembelian adalah proses merumuskan berbagai alternatif tindakan guna menjatuhkan pilihan pada salah satu alternatif tertentu untuk melakukan pembelian”.
B. Definisi Operasional Variabel
1. Kebudayaan (X1)
Merupakan suatu ciri khas dari sekumpulan orang yang diterapkan secara turun-temurun sebagai penuntun dari kehidupan mereka sehari-sehari.
Indikator dari variabel tersebut terdiri dari:
a. Pergeseran budaya
b. Wilayah geografis
c. Kelas sosial
2. Sosial (X2)
Merupakan tingkat status sosial masyarakat atau keadaan ekonomi seseorang yang terdiri dari pendapatan yang dapat dibelanjakan, tabungan dan milik kebanyakan, pekerjaan serta variabel-variabel yang lainnya:
Indikatornya adalah:
a. Mengikuti lingkungan
b. Pengalaman dari anggota keluarga
c. Mengikuti teman
3. Pribadi (X3)
Merupakan suatu keadaan dimana seseorang mempunyai sifat untuk bisa menentukan keputusannya sesuai dengan keinginannya tanpa ada paksaan dari pihak lain.
Adapun indikator dari variabel tersebut adalah:
a. Uang saku
b. Situasi ekonomi
b. Gaya hidup
4. Psikologis (X4)
Merupakan suatu keadaan dimana seseorang mempunyai keinginan-keinginan yang berasal dari diri pribadinya untuk menentukan keputusannya sesuai dengan keinginannya.
Indikatornya terdiri dari:
a. Motivasi
b. Persepsi
c. Pengetahuan
5. Keputusan pembelian produk (Y)
Merupakan suatu tindakan konsumen dalam usaha untuk memenuhi kebutuhannya mengkonsumsi mie instan diikuti oleh kepuasan yang dirasakan oleh konsumen tersebut.
Dari variabel ini dapat ditentukan indikatornya antara lain:
a. Menjatuhkan pilihan atau alternatif pada produk yang terbaik
b. Pengambilan keputusan dilakukan secara sadar, rasional, obyektif dan terencana.
c. Pembelian kembali
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "METODE PENELITIAN "
Posting Komentar