Berdasarkan hasil riset Nielsen Global Omnibus, konsumen di Indonesia telah meningkatkan pembelanjaan untuk keperluan gaya hidup seperti telepon seluler, motor dan Mobil. Director Retail Measurement Services PT Nielsen mengakui adanya penurunan 9,1 persen penjualan produk rumah tangga ditahun 2010 dibandingkan tahun sebelumnya, karena konsumen beralih ke kategori kebutuhan gaya hidup. Dengan melihat pada kondisi pasar saat ini maka komsumen memperluas tiga jenis kebutuhanya seperti Ponsel, motor dan mobil (Koran Jakarta Edisi cetak : 957,2011)
Gaya hidup adalah cara hidup yang mendefenisikan bagaimana mereka menghabiskan waktu dan uang mereka tentang ketertarikan dan juga mengenai apa yang mereka pikirkan tentang diri mereka sendiri serta lingkungannya.
Gaya hidup ini ini sangat besar sekali pengaruhnya dalam kehidupan masyarakat karena ini nantinya yang akan mengubah cara membereka melakukan pembelian,selera dan juga kebiasaannya, dengan mengetahui gaya hidup para konsumen mulai dari apa yang mereka sukai, selera dan tren yang sedang terjadi ini akan membuat cara produsen semakin tahu cara membidik para yang tebat dalam menjual sesuatu kepada masyarakat.
Jika gaya hidup konsumen sudah di ketahui oleh para produsen maka tentu akan mereka tahu cara membangun iklan –iklan yang tepat yang bisa menarik para konsumennya untuk membeli produk yang mereka jual selain menarik para konsumen mereka untuk membeli para produsen juga akan semakin jeli dalam mengembangkan produk produk yang di sukai para konsumennya.
Perkembangan teknologi yang semakin canggih saat ini mulai diri alat komunikasi seperti handpone bisa kita gunakan untuk melakukan kontak langsung dan juga melalui sms (short message service) dan yang lebih terkenal yaitu Blackberry dimana alat komunikasi ini memiliki kelebihan yang tak dimiliki oleh alat komunikasi yang lain yaitu Blackberry messenger (BBm) dimana Blackberry ini bisa dikatakan langsung membuat sebuah komunitas tersendiri bukan seperti komunikasi yang lain yang tidak memiliki pasilitas seperti BBM, maka dari itu Blackbarry ini juga menjadi salah satu media yang digunakan oleh para konsumen dalam memasarkan produknya dan ini membawa pengaruh besar terhap penjualan.
Disamping Blackberry maka muncullah satu media yang sangat terkenal yaitu facebook, ini juga menjadi satu lahan promosi yang paling tepat buat para konsumen dalam meraih pasar yang mereka target kerena jumlah pengguna yang sangat banyak sekali. Gaya hidup para masyarakat saat ini yang sudah bisa di bilang hamper seluruh orang menggunakan alat komunikasi Handpone bukan seperti dulu lagi, saat ini mulai dari anak kecil sudah memiliki handpone mulai dari harga murah sampai mahal sekalipun.
Mari kita ambil salah satu contoh dari Jumlah mahasiswa aktif Universitas Muhammadiyah Malang di tahun 2010 adalah sebanyak 21.386 mahasiswa yang berasal dari 33 propinsi dan dari luar negeri. Komposisi jumlah mahasiswa yang terbanyak adalah dari propinsi Jawa Timur, Kalimantan Timur, Nusa Tenggara Barat. Mahasiswa dari masing-masing propinsi tentunya memiliki latar belakang budaya, etnik, dan kebiasaan yang berbeda. Sehingga sangat menarik untuk dilakukan studi pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang tentang analisis gaya hidup pengguna telepon seluler Blackberry.
Banyak sekali penelian yang sudah dilakukan mengenai gaya hidup mulai dari penelitian mengenai Penelitian tentang gaya hidup telah banyak dilakukan, salah satunya dilakukan oleh Huda (2008) dengan judul “Analisis Dimensi-dimensi Gaya Hidup Pengguna Sepeda Motor Yamaha Mio”. Tujuan penelitian tersebut adalah untuk mengetahui dimensi-dimensi gaya hidup pengguna sepeda motor yamaha mio
Teknik analisis data yang digunakan adalah cluster analysis, dan dari hasil analisis yang dilakukan dapat disimpulkan bahwa terdapat tiga kelompok pengguna sepeda motor yamaha mio yang mempunyai gaya hidup berbeda pada masingmasing kelompok. Kelompok pertama yaitu kelompok dengan tipe gaya hidup hedonis, kelompok kedua yaitu kelompok dengan tipe gaya hidup hura-hura, dan kelompok yang ketiga adalah kelompok dengan tipe gaya hidup kebanyakan (umum), kelompok ini menggunakan sepeda motor yamaha mio hanya untuk mendukung dan memudahkan aktivitasnya.
Teknik analisis data yang digunakan adalah cluster analysis, sehingga dapat disimpulkan bahwa hasil dari penelitian tersebut adalah terdapat tiga kelompok mahasiswa dalam olah raga futsal Kelompok pertama yaitu kelompok yang menjadikan ekonomi sebagai pertimbangan dalam mengikuti olah raga futsal, manfaat olah raga futsal menjadi tujuan dari kelompok ini dalam mengikuti olah raga futsal.
Dari uraian di atas kita mendapatkan sebuah pemahaman bahwa orang banyak memakai alat komunikasi untuk melengkapi gaya hidupnya dan juga untuk mempermudah komunikasi melalui jarak jauh dan salah satu alat komunikasi yang paling banyak di minati para pengguna adalah salah satunya alat komunikasi seluler seperti blackberry, karena menerut penetian bahwa backberry ini sangat di sukai kerena salah satunya alah bisa bbm dan juga biaya lebih hemat dalam juga sangat banyak orang yang terpengaruh atau sangat tertarik dengan yang namanya Blackberry, seolah olah orang yang masih belum memiliki blackberry itu adalah orang yang tidak bisa mengikuti gaya hidup jaman sekarang ini.
Seperti yang telah diuraikan sebelumnya, dari hasil penelitian dan pembahasan yang telah dilakukan dapat diketahui bahwa tipe gaya hidup pengguna telepon seluler Blackberry pada mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang terbanyak adalah gaya hidup kelompok fullfiled dengan jumlah 55 responden, yaitu kelompok yang mempunyai pendapatan paling tinggi diatara dua kelompok lainnya, senang berbelanja, tetapi memusatkan kegiatannya di rumah.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "GAYA HIDUP PENGGUNA TELEPON SELULER BLACKBERRY"
Posting Komentar