Definisi
operasional adalah suatu definisi yang dinyatakan dalam kriteria atau operasi
yang dapat diuji secara khusus (Cooper
dan Emory ; 1997 : 37). Definisi
operasional dari masing-masing variabel penelitian ini adalah sebagi berikut:
a) Kepercayaan atas merek
Menunjukkan
sejauh mana konsumen mau menggantungkan dirinya dengan resiko tertentu dalam
menggunakan pasta gigi merek Pepsodent. Diukur dengan 4 item pertanyaan.
b) Prediksi atas merek
Mengacu pada
kemampuan sebuah merek untuk dapat diramalkan atau diprediksi. Bahwa dalam menggunakan pasta gigi merek
Pepsodent, responden sebelumnya dapat mengharapkan kepuasan yang akan
diperoleh. Diukur dengan 4 item pertanyaan.
c) Kesukaan terhadap merek
Menunjukkan
tingkat preferensi responden terhadap merek.
Apabila ia sudah merasa sesuai atau cocok dengan pasta gigi merek
Pepsodent, maka ia akan senang untuk memilih pasta gigi merek Pepsodent
tersebut. Diukur dengan 3 item
pertanyaan.
d) Kompetensi merek
Kompetensi
merek menujukkan apakah suatu merek mempunyai
keahlian dalam mencukupi segala kebutuhan yang diinginkan oleh konsumen
dan juga dapat memecahkan masalah yang dimiliki oleh konsumen. Diukur dengan 5 item pertanyaan.
e) Reputasi merek
Menunjukkan
opini secara umum bahwa produk dengan merek tersebut bagus dan dapat
dipercaya. Berdasar persepsi responden
mengenai bagaimana pasta gigi Pepsodent tersebut dikenal secara luas. Responden
menilai pasta gigi merek Pepsodent adalah merek yang dianggap mempunyai
reputasi baik atau dianggap buruk. Diukur dengan 5 item pertanyaan.
f) Kepercayaan atas perusahaan
Kepercayaan
atas perusahaan menunjukkan sejauh mana konsumen mempercayai produsen merek tersebut. Yakni sejauh mana responden mempercayai
produsen pasta gigi merek Pepsodent yaitu PT Unilever Indonesia Tbk akan selalu
memproduksi produk yang berkualitas tinggi. Diukur dengan 5 item pertanyaan.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Definisi Operasional"
Posting Komentar