Pengaruh Metode
Mind Map dengan Prestasi Belajar
Siswa
Metode
pembelajaran dapat ditinjau sebagai proses dan sebagai produk. Sebagai proses
karena metode pembelajaran berfungsi sebagai alat penunjang dalam intruksional
yaitu dalam menyampaikan bahan pelajaran untuk mencapai tujuan intruksional
yang telah disampaikan sebelumnya. Dalam konteks ilmiah, keberhasilan belajar
akan diperoleh sebagaimana yang diharapkan, jika proses intruksional tersebut
didukung oleh merode pembelajaran yang relevan.
Alasan
berikutnya mengapa menggunakan metode pembelajaran dapat mempertinggi proses
dan hasil pengajaran adalah berkenaan dengan taraf berpikir manusia mengikuti
tahap perkembangan dimulai dari berfikir konkrit sampai berfikir kompleks
(Arsyad, 1997:26-27). Keberhasilan belajar pada hakikatnya adalah tumpuan dan
arah utama dalam segala pembelajaran yang dilakukan oleh guru, baik di sekolah
maupun di luar sekolah.
Oleh karena
itu, guru sebagai pengelola kegiatn pembelajaran dituntut hendaknya lebih
mengacu kepada pembelajaran aktif, efektif, efisien, menyenangkan dan bermakna
bagi siswa karena pembelajaran akan lebih berhasil apabila melibatkan potensi
siswa.
Metode mind map, sebagai salah satu metode pembelajaran,
lebih banyak menekankan pada kreatifitas anak didik. Dalam metode ini, anak
didik dituntut untuk lebih aktif dalam proses pembelajaran dan mencurahkan
kemampuan otak kanan dan otak kirinya. Jadi, pelaksanaan metode mind map yang sempurna akan berpengaruh
pada prestasi belajar anak didik, semakin baik pelaksanaan metode ini, maka
semakin baik pula prestasi yang dihasilkan.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Metode belajar Mind Map"
Posting Komentar