Menurut kamus online (
://www.philverghis.com/helpdesk.html, 2002), help desk adalah scbuah istilah yang biasanya terkait dengan end user. Help desk sebagai suatu bagian yang terintegrasi dengan bagian pelayanan, help desk bcrtanggung jawah untuk menyelcsaikan suatu masalah dengan menggunakan berbagai sumber day a dalam rangka meningkatkan kepuasan dari client.
Dalam bidang bisnis, help desk adalah sebuah tempat bagi user untuk mendapatkan bantuan dalam menyelesaikan masalah yang mereka hadapi. Dalam perusahaan yang bcsar. scbuah help desk dapat terdiri dari sekumpulan para. ahli (expertise) menggunakan sebuah software untuk membantu mereka mengetahui status dari sebuah nmsalah dan menggunakan software khusus untuk membantu mereka menganalisa masalah tersebut. (
http://searchcm.techtarget.com/sDefinition/O,sid11 gci214586,00.html)
Menurut kamus online (
http://www.pcwcbopaedia.com/term/h/help desk.html,
2002), help desk mcrupakan sebuah software yang digunakan untuk menjawab pertanyaan pemakai, di mana soji"·ware tersebut memudahkan pemakai untuk
menemukan jawaban atas pertanyaan-pertanyaan umum secara cepat.
Help desk adalah sebuah sistem pembantu utama yang berfungsi membantu semua kegiatan organisasi atau perusahaan di mana pegawai dapat menemukan jawaban atau solusi dari masalah yang dihadapinya, sehingga segala permintaan atau permohonan yang berhubungan dengan organisasi tersebut dapat dipenuhi dengan baik. Help clusk sendiri bersifat terpusat, maksudnya adalah sistem yang mampu berintcgrasi dengan sistem lain walaupun berdiri sendiri. (http://www.remedv ,com/express.html)
Berdasarkan hcbcrapa pengertian help desk terse but maka dapat disimpulkan bahwa help desk mcrupakan sebuah alat bantu yang digunakan untuk membantu pemakai menemukanjawaban alas pertanyaan-pertanyaan umum secara cepat yang berkaitan dengan ma alah-masalah yang sering mereka hadapi.
Kcgunaan llclp Desk Para client dari sebuah perusahaan atau organisasi dapat menggunakan help desk untuk mendapatkan bantuan atas permasalahan yang sering mereka hadapi. Dan biasanya masalah-masalah yang dihadapi oleh para client tersebut memerlukan solusi dari para ahli yang memang menguasai bidang tersebut.
Help desk dapat melakukan penghematan biaya pada sebuah organisasi guna menangani dan menyelesaikan permasalahan yang dihadapi oleh para c/ient-nya.
Hal ini dis. babkan karena :
• Help desk dapat menyelesaikan permasalahan lebih banyak dalam waktu yang lebih singkat.
• Help desk mcnycdiakan penyelesaian yang memungkinkan staf help desk meneliti kasus yang berhubungan dengan permasalahan yang ada, dan memberikan jawaban atas kasus tersebut secepatnya.
• Staf help desk dapat menelusuri permintaan dan pengaturan, sehingga aktivitas lcbih tcrcncana.
• Pengguna dapat menyelesaikan masalahnya sendiri, atau mengecek status permintaannya sehingga dapat menghilangkan ketergantungan terhadap staf help desk.
• Hasil penyelcsaian terhadap permasalahan dapat meningkatkan kepuasan pengguna dan day a produksi help desk.
• Pengguna mengirim pemberitahuan, yang dengan sendirinya memberitahu help desk akan masalah atau berbagai permintaan yang ada, sehingga dapat diselesaikan dcngan secepatnya.
• Help, desk dapat mep1berikan !aporan perkembangan staf kerja setiap saat kcpada pimpinan.
Berdasarkan pendapat Hinrichs (1997, p247), lingkungan yang diperlukan dalam membangun help desk adalah :
• Technical Support
Berupa server, hubungan antar jaringan, modem, dan peralatan sejenisnya
• Database Support
Berupa piranti lunak, sistem operasi database yang dibutuhkan, penyelesaian terhadap kerusakan database, penyediaan prosedur-prosedur yang dapat memperbaiki kerusakan
• Pub/is/zing Support
Berupa proscdur otorisasi, informasi yang akurat
• Development Support
Berupa piranti lunak pembantu, perpustakaan, tipos dan pemecahan masalah, jawaban atas pcrtanyaan yang sering diajukan
Help Desk Online Help desk online adalah help desk yang dihubungkan dengan internet dan biasanya disertakan sebagai suatu modul dari website sebuah perusahaan. Dengan demikian help desk tersebut dapat diakses oleh pengguna dari berbagai tempat melalui internet, dan pengguna juga dapat mengirimkan permasalahan yang ingin mereka tanyakan melalui sebuah web form. Kemudian permasalahan tersebut akan ditangani oleh para ahli yang berkaitan untuk memberikan solusi dari permasalahan tersebut kepada pengguna.
Help desk online merupakan suatu sistem yang dapat menampung setiap pennasalahan yang dihadapi oleh pemakai komputer, memberikan jalan penyelesaian terhadap permasalahan yang sederhana serta menunjuk staf ataupun pihak yang bersangkutan untuk menyelesaikan masalah yang dipertanyakan oleh para pengguna. Jadi, help desk online merupakan sistem database yang mengakses semua informasi mengenai permasalahan pengguna serta penyelesaian yang dilakukan oleh staf atau pihak yang bersangkutan sehingga menghasilkan suatu laporan yang diinginkan.
Pada dasarnya, help desk online merupakan sistem yang digunakan untuk : • Sarana bagi pengguna untuk dapat menyelesaikan masalabnya sendiri.
• Sarar.a untuk mendapatkan pemecahan terhadap permasalahan yang dihadapi pengguna, dengan tetap berpegang pada pembagian tugas dari setiap staf ahli.
• Sarana untuk mengatasi permasalahan yang timbul dalam mengkoordinasikan segala kegiatan yang ada di dalam perusahaan yang bersangkutan.
• Meratakan pembagian tugas untuk setiap staf sehingga tidak memberatkan staftertentu saja dalam penyelesaian suatu masalah.
• Menghasilkan satu laporan kegiatan yang jelas bagi setiap staf.
Keuntungan penggunaan help desk online :
• Sistem memungkinkan adanya penyelesaian langsung oleh para ahli terhadap masalah yang dihadapi oleh pengguna.
• Sistem memungkinkan adanya pembagian kerja yang Iebih merata bagi setiap staf, karena dengan adanya help desk online, pengguna tidak dapat menghubungi staf lerlenlu untuk menyelesaikan masalahnya. Help desk manager yang akan menentukan staf mana yang akan menangani masalah tersebut.
• Penyelesaian terhadap permasalahan yang dihadapi oleh pengguna Iebih teratur.
• Dihasilkan suatu laporan kegiatan yangjelas.
Belum ada tanggapan untuk " Pengertian Help Desk "
Posting Komentar