Customer Relationship Management (CRM) mengkombinasikan proses bisnis dan teknologi dengan tujuan untuk mengetahui keinginan pelanggan dari berbagai sudut pandang. Dalam arti untuk menghasilkan suatu pelayanan yang memuaskan bagi para pelanggan, hal yang harus diperhatikan adalah mendefinisikan siapa pelanggan itu, apa saja yang ingin mereka lakukan da11 apa saja yang mereka sukai I inginkan.
Dcfinisi CRM
CRM didefinisikan sebagai strategi penjualan, pemasaran dan pelayanan terintegrasi yang bcrgantung pada aksi terkoordinasi seluruh perusahaan. Tujuan dari kerangka bisnis CRM adalah:
I. Menggunakan hubungan yang sudah ada antara perusahaan d<:ngan br="" meningkatkan="" pelanggan="" penghasilan="" perusahaan.="" untuk="">
2. Menggunakan informasi terintegrasi untuk menciptakan pelayanan yang memuaskan.
3. Menciptakan proses dan prosedur penjualan berulang.
4. Menciptakan nilai baru yang lebih baik bagi pelayanan yang diberikan dan meningkatkan kesetiaan pelanggan.
5. Menerapkan strategi pemecahan masalah yang lebih aktif.
Menerapakan strategi CRM tidak hanya berarti meningkatkan pelayanan kepada pelangan, melainkan memciptakan interaksi yang konsisten, dapat diandalkan dan mudah diakses di setiap interaksi antara pelanggan dengan perusahaan.
CRM sendiri bukan merupakan suatu produk tunggal, melainkan sebuah strategi bisnis yang dilaksanakan dengan menciptakan satu kesatuan aplikasi terintegrasi yang mampu menangani berbagai aspek yang dibutuhkan olehfront office. Dengan arlikasi CRM perusahaan menambah keuntungan d•mgan meningkatkan kesetiaan pelanggan.
Tiga Tahap CRM
Ada 3 tahap dalam ( · RM, yaitu:
I. Mempcroleh pdanggan baru, dengan rnempromosikan keunggulan produk I jasa dalam hal inovasi dan kemudahan karena nilai suatu produk dan jasa bagi pelanggan adalah produk yang lebih baik dan didukung oleh layanan yang memuask:m.
2. Meningkatkan keuntungan yang diperoleh dari pelanggan yang sudah ada dengan mendorong terciptanya penjualan produk I jasa komplemen dan rcnjualan rroduk/ jasa yang lebih baik dari produk I jasa yang sudah dimiliki oleh pelanggan.
3. Menahan pclanggan yang memberi keuntungan, dengan menawarkan apa yang dibutuhkan oleh pelanggan spesifik bukan yang dibutuhkan oleh pasar, karena nilai produk I jasa bagi pelanggan adalah nilai hubungan proaktifyang paling sesuai dengan kebutuhannya. Fokus perusahaan saat ini adalah bagaimana mcnahan pelanggan yang menguntungkan perusahaan daripada
Ketiga tahap ini saling berhubungan, tetapi untuk melakukan ketiga tahap tersebut dengan baisangatlah bahkan oleh perusahaan terbaik sekalipun. Untuk
itu perusahaan harus memilih untuk memfokuskan usahanya pada satu dimensi I tahap tersebut, tetapi tidak berarti meninggalkan sama sekali tahap yang lain. Pemilihan fokus 1crsebut sangat penting karena mempengaruhi strategi pembangunan infrasl ruktur teknologi pendukung CRM ini.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk " Konsep Customer Relationship Management (CRM) "
Posting Komentar