Pembahasan Ekuitas Merek
Kesadaran konsumen yang tinggi terhadap merek saat ini telah membuat perusahaan untuk berlomba-lomba menjadikan merek sebagai aset perusahaan dalam menjalankan usaha. Merek yang dibangun bukan sekedar merek, namun lebih menyeluruh dalam satu kesatuan ekuitas merek (Knapp 2002,p18). Ekuitas merek berkaitan dengan nilai merek sebagai aset yang tidak berwujud dibandingkan produk yang ditawarkan. Berbagai definisi Ekuitas Merek dikemukakan oleh para ahli pemasaran, sebagai berikut:
Menurut Farquhar (2005,p14):
“The added value to the firm, the trade, or the consumer with which a given brand endows a product”.
(Suatu nilai tambah untuk perusahaan, perdagangan, atau untuk konsumen yang diberikan suatu merek atas produknya).
Menurut Aaker (2001,p7):
“Brand equity is a set of assets linked to a brand’s name and symbol that adds to the value provided by a product or service to a firm”.
(Ekuitas merek adalah seperangkat aktiva yang berhubungan dengan nama merek dan simbol yang menjadi penambah nilai atas barang atau jasa kepada perusahaan).
Menurut Knapp (2002,p3), ekuitas merek adalah totalitas dari persepsi merek, mencakup kualitas relatif dari produk dan jasa, kinerja keuangan, loyalitas pelanggan, kepuasan, dan keseluruhan penghargaan terhadap merek. Ekuitas merek menggambarkan perbedaan antara nilai merek bagi konsumen dengan nilai produk tanpa diberi merek.
Menurut Coney (2001,p350), ekuitas merek adalah nilai konsumen yang terbentuk melalui merek dan keseluruhan fungsi karakteristik dari produk. Ekuitas merek bisa disamakan dengan reputasi merek. Merek yang memiliki reputasi baik akan memberikan potensi ekuitas merek yang tinggi. Sedangkan, merek yang tidak terkenal atau memiliki reputasi rendah tidak akan memiliki potensi bagi ekuitas merek.
Sedangkan, berdasarkan pendapat dari Nicolino (2004,p75), sebuah ekuitas merek adalah sesuatu yang benar-benar tidak dapat diserap indera, hanya eksis dalam pikiran orang-orang, walaupun ia memiliki kekuatan untuk menghasilkan uang.
Apapun definisinya, ekuitas merek menggambarkan pertambahan nilai sebuah produk akibat nama merek yang ditambahkan pada produk tersebut. Ekuitas merek timbul apabila konsumen memiliki tingkat kesadaran yang tinggi terhadap sebuah merek, memiliki persepsi yang kuat serta nilai rasa yang berbeda atau unik dalam benaknya. Semua pemahaman tentang ekuitas merek dapat digambarkan seperti gambar berikut ini.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk " Definisi Ekuitas Merek "
Posting Komentar