METODE PENELITIAN
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis & Taggart. Penelitian dilakukan dalam bentuk siklus, setiap siklus terdiri dari empat tahap, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi.
Tahap perencanaan meliputi: (a) menyiapkan langkah pembelajaran yang disesuaikan dengan langkah-langkah dalam model portofolio, (b) menyusun lembar observasi aktivitas mahasiswa dalam kegiatan kelompok portofolio, (c) menyusun indikator kemampuan analisis mahasiswa terhadap kebijakan publik, (d) menyusun soal untuk mengukur penguasaan materi oleh mahasiswa, dan (e) menyiapkan pedoman penilaian portofolio, baik untuk portofolio tayangan maupun dokumentasi.
Pada tahap pelaksanaan, peneliti melaksanakan tindakan pembelajaran menurut skenario yang telah disiapkan. Tindakan dilaksanakan sesuai dengan jadwal mata kuliah Konsep Dasar PKn di kelas S8B, yaitu setiap hari Rabu pukul 9.30-12.00. Secara garis besar, beberapa langkah tindakan yang dilakukan pada penelitian ini adalah menugaskan mahasiswa secara berkelompok untuk mengumpulkan informasi dari berbagai sumber dan mengembangkan satu bagian portofolio yang berisi kebijakan publik yang telah dipilih untuk menjadi kajian kelas.
Pada tahap observasi, dilakukan pengamatan terhadap proses pembelajaran. Kegiatan refleksi mencakup kegiatan analisis dan interpretasi (pemberian makna) atas informasi/hasil yang diperoleh dari pelaksanaan tindakan. Data ini digunakan untuk merumuskan rencana tindakan pada siklus berikutnya dan menjadi dasar untuk melakukan evaluasi. Kesimpulan hasil evaluasi menjadi acuan dalam pengambilan keputusan tindakan, yaitu apakah tindakan yang dilakukan berhasil atau belum, sesuai dengan kriteria keberhasilan. Kriteria pemberian makna terhadap peningkatan kemampuan analisis mahasiswa, yaitu sekurang-kurangnya 75% dari jumlah mahasiswa memiliki kemampuan kategori baik untuk semua aspek yang dinilai.
Penelitian dilaksanakan di Prodi PGSD kampus UPP I pada pembelajaran mata kuliah Konsep Dasar PKn. Subjek penelitian ini adalah seluruh mahasiswa kelas S8B S1 PGSD UPP I FIP UNY angkatan 2008 semester I yang berjumlah 42 orang dengan rincian mahasiswa laki-laki 5 orang dan mahasiswa perempuan 37 orang.
Penelitian menggunakan teknik dalam pengumpulan data seperti yang dinyatakan oleh Hopkins (1993: 123), yaitu observasi, catatan lapangan (field notes), dan tes. Instrumen yang digunakan berupa lembar observasi dan soal. Analisis data ditempuh dengan cara merefleksikan hasil pengamatan selama proses pembelajaran berlangsung sesuai siklus dan tindakan yang dilakukan pada setiap siklus. Selain itu, juga dilakukan secara deskriptif untuk melukiskan selintas atau merangkum hasil pengamatan melalui reduksi-simplifikasi data kualitatif (deskripsi-naratif) menggunakan tabel dan diagram (Parjono, et al., 2007: 57).
HASIL PENELITIAN DAN PEMBAHASAN
Siklus I
1. Penerapan Model Pembelajaran Portofolio
Langkah-langkah yang dilakukan adalah:
a. Pengenalan mengenai landasan pemikiran, prinsip dasar, dan langkah-langkah pembelajaran portofolio, disertai pemberian panduan tentang langkah-langkah pengembangan portofolio dan format yang digunakan untuk mengerjakan masing-masing langkah.
b. Pembentukan kelompok yang terdiri dari 10 orang mahasiswa.
c. Meminta masing-masing mahasiswa untuk membuat papan nama yang dipasang di dada setiap kali perkuliahan berlangsung.
d. Pemberian tugas untuk mengidentifikasi berbagai masalah kebijakan publik yang ada di masyarakat dan penting untuk dicari jalan keluarnya.
e. Penentuan masalah untuk kajian kelas dilakukan melalui voting yang menghasilkan satu topik kajian, yaitu kebijakan pemerintah dalam menanggulangi penyalahgunaan narkoba.
f. Pengidentifikasian dan pengumpulan sumber-sumber informasi, yaitu melalui wawancara, media cetak, media elektronik dan sumber lain yang relevan.
g. Pengembangan portofolio kelas, baik tayangan maupun dokumentasi. Bahan yang dipilih untuk panel portofolio tayangan berupa papan gabus (styrofoam).
h. Penyajian portofolio dan refleksi pengalaman belajar.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Metode Penelitian dan Cara Melakukan Penelitian"
Posting Komentar