A. Tinjauan Pemograman berorientasi objek
Munculnya generasi pemograman berorientasi objek yang khusus digunakan untuk membuat aplikasi windows yang berbasis grafis atau Graphical User Interface (GUI). Pemograman berorientasi objek ini merupakan event driven programming (pemrograman terkendali kejadian) yaitu Microsoft Visual Foxpro 8.0 yang artinya program menunggu sampainya ada respon dari user berupa event /kejadian tertentu (tombol, klik, menu pilihan dan lain-lain). Hal ini menandakan ketika event terdeteksi, kode yang berhubungan dengan event akan dijalankan.
Pemograman berorientasi objek ini untuk pertama kali adalah Microsoft Visual Foxpro 6.0 diperkenalkan pada tahun 1991 yaitu program Visual Foxpro yang dijalankan dengan sistem operasi berbasis Disk Operating System (DOS) dan Windows. Kemudian dikembangkan terus menerus hingga sekarang telah mencapai Microsoft Visual Foxpro 8.0 yang dirilis tahun 2005. Salah satu pemrograman berorientasi objek yang dimaksud adalah Microsoft Visual Foxpro 8.0 yaitu sebuah bahasa pemrograman yang mempunyai fleksibelitas yang sangat baik untuk berhubungan dengan aplikasi lain dengan menggunakan OLE (Object Linking Embedding).
1. Komponen interface Pemograman berorientasi objek dalam Microsoft Visual Foxpro 8.0
a) Project
Project adalah sekumpulan modul. Jadi project adalah program aplikasi tersendiri. Project disimpan file yang berinteraksi .pjx. File ini menyimpan seluruh komponen database, table, query, report kode program, termasuk pilihan project, Data Environment, file EXE dan segala sesuatu yang berhubungan dengan proyek.
b) Form
Form adalah suatu obyek yang dipakai sebagai tempat bekerja program aplikasi. Form berbentuk jendela dan dapat dibayangkan sebagai kertas atau meja kerja yang dapat dilukisi atau diletakkan ke dalamnya obyek-obyek lain.
c) Toolbar
Toolbar adalah kotak alat yang berisi icon-icon untuk memasukkan obyek-obyek tertentu ke dalam jendela form.
d) Properties
Properties digunakan untuk menentukan pengaturan suatu obyek. Suatu obyek biasanya mempunyai beberapa properties yang dapat diatur dalam jendela properties.
e) Kode Program
Kode program adalah serangkaian tulisan perintah yang akan dilaksanakan jika suatu obyek dijalankan. Kode program ini akan mengontrol dan menentukan jalannya suatu obyek.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk " Tinjauan Pemograman berorientasi objek "
Posting Komentar