Apabila suatu entitas
sudah dipercayai, maka entitas yang lebih kecil yang ada didalamnya juga akan
cenderung dipercayai. Apabila suatu
perusahaan tersebut sudah mendapat kepercayaan dari konsumen, maka merek-merek
produk yang dihasilkannyapun akan cenderung dipercayai (Lau dan Lee, 1999).
Kepercayaan pada
perusahaan juga merupakan variabel yang mempengaruhi kepercayaan terhadap
merek. Untuk meningkatkan kepercayaan kepada perusahaan dapat dilakukan dengan
memperkuat komunikasi yang berkaitan dalam sebuah company’s image. Untuk suatu
merek yang baru kepercayaan dapat ditingkatkan dengan memperkuat nama
perusahaan (Lau danLee, 1999).
Penelitian
Terdahulu
Penelitian tentang
pengaruh kepercayaan konsumen atas merek terhadap loyalitas merek telah
dilakukan oleh para peneliti sebelumnya.
1. Penelitian yang dilakukan oleh Geok Theng Lau dan Sook Han Lee (1999). pada
konsumen di Singapura dengan judul “Consumers’
Trust in aBrand and the Link to Brand Loyalty”.
Faktor-faktor yang
membentuk kepercayaan konsumen tersebut adalah karakteristik merek,
karakteristik perusahaan, dan karakteristik konsumen merek. Karakteristik
merek terbentuk dari reputasi merek, prediksi atas merek, dan kompetensi atas
merek. Karakteristik perusahaan terbentuk dari kepercayaan terhadap perusahaan,
reputasi perusahaan, motif yang dimiliki perusahaan dan integritas
perusahaan. Karakteristik konsumen merek
terbentuk dari persamaan antara konsep yang dimiliki konsumen dengan
kepribadian merek, kesukaan terhadap merek, pengalaman terhadap merek, kepuasan
terhadap merek, dan dukungan kerabat.
Hipotesis dalam
penelitian ini ada 13, dalam penelitian ini menguji pengaruh reputasi merek,
prediksi atas merek, kompetensi atas merek,
kepercayaan atas perusahaan, reputasi perusahaan, motif yang dimiliki
perusahaan, integritas perusahaan, konsep yang dimiliki konsumen dengan
kepribadian merek, kesukaan atas merek, pengalaman atas merek, kepuasan atas
merek, dan dukungan kerabat terhadap kepercayaan konsumen atas merek serta menguji kepercayaan
atas merek terhadap loyalitas konsumen atas merek tersebut. Penelitian ini
dilakukan dengan survei terhadap 263 konsumen di Singapura. Hasil penelitian
ini adalah semua variabel yang mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap suatu
merek mempunyai pengaruh yang signifikan, begitu juga variabel kepercayaan
terhadap suatu merek juga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas
merek. Dari uji regresi didapat kesimpulan terjadi tingkat signifikansi pada dan adjusted .
Penelitian yang
dilakukan Lau dan Lee (1999) yang menguji 12 faktor yang membentuk kepercayaan
konsumen terhadap merek tersebut menunjukkan ada 5 faktor yang hasilnya paling
berpengaruh terhadap kepercayaan konsumen atas merek yaitu prediksi atas merek,
kesukaan atas merek, kompetensi merek, reputasi merek dan kepercayaan atas
perusahaan. Dari kelima faktor tersebut
timbul suatu model pembentuk kepercayaan konsumen terhadap merek.
2. Penelitian yang dilakukan oleh Mawarwati
Hariyono Putri dan Sri Suwarsi pada konsumen merek rokok pada sebuah kecamatan
di Sukoharjo, dengan judul “Analisis Kepercayaan Konsumen Atas Merek Dan
Hubungannya Dengan Loyalitas (Penelitian di Sebuah Kecamatan di Sukoharjo)”.
Penelitian ini
menggunakan tiga kelompok variabel, yaitu variabel independen, variabel intervening
dan variabel dependen. Kepercayaan konsumen terhadap merek merupakan variabel
intervening yang dibangun dari 8 variabel independen, yaitu reputasi merek,
prediksi atas merek, reputasi perusahaan, integritas perusahaan, kepercayaan
atas perusahaan, pengalaman atas merek, kesukaan atas merek dan kepuasan atas
merek, sedangkan variabel dependennya adalah loyalitas merek.
Hipotesis dalam
penelitian ini ada 9, penelitian ini menguji reputasi merek, prediksi atas
merek, reputasi perusahaan, integritas perusahaan, kepercayaan atas perusahaan,
pengalaman atas merek, kesukaan atas merek dan kepuasan atas merek terhadap
kepercayaan konsumen atas merek serta menguji kepercayaan atas merek terhadap
loyalitas konsumen atas merek tersebut.
Penelitian ini dilakukan dengan survei terhadap 100 orang responden pada
sebuah Kecamatan di Sukoharjo dengan mengunakan convenience sampling sebagai teknik
pengambilan sampelnya.
Hasil penelitian ini
adalah semua variabel yang mempengaruhi kepercayaan konsumen terhadap suatu
merek mempunyai pengaruh yang signifikan, begitu juga kepercayaan atas merek
juga berpengaruh secara signifikan terhadap loyalitas merek. Dari uji regresi
didapat kesimpulan terjadi tingkat signifikansi pada dan adjusted .
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Kepercayaan Terhadap Perusahaan"
Posting Komentar