Lau dan Lee (1999)
memaparkan bahwa reputasi merek mengacu pada opini secara umum bahwa merek
tersebut bagus dan dapat dipercaya (reliabel). Jika seseorang percaya ketika
orang lain berpendapat bahwa merek tersebut bagus, maka ia akan cukup percaya
untuk melakukan pembelian. Setelah
mempunyai pengalaman menggunakan merek tersebut dan jika merek tersebut dapat
memenuhi kebutuhan konsumen, maka reputasi merek akan memperkuat kepercayaan
konsumen terhadap merek tersebut. Begitu
juga sebaliknya, jika suatu merek tidak memiliki reputasi yang bagus, maka
seorang konsumen tidak akan dapat mempercayainya.
Reputasi merek adalah
suatu sejarah yang dimiliki suatu merek.
Merek dapat dikatakan baik atau buruk tergantung pada pandangan konsumen
yang telah memakainya. Apabila konsumen merasa puas dalam pemakaian suatu
merek, maka hal tersebut akan mempengaruhi sebuah reputasi dari merek yang
dikonsumsinya. Reputasi merek dapat dikatakan baik apabila konsumen merek tersebut
merasa puas dalam jangka waktu yang lama dan kepercayaan yang kuat timbul di
dalam benak konsumen. Lau dan Lee (1999)
memaparkan bahwa untuk membentuk suatu reputasi yang baik pada sebuah merek
dapat dilakukan dengan menepati janji-janji yang telah diberikan dan selalu
menjaga keaslian dari merek tersebut.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk ". Reputasi Merek"
Posting Komentar