Kamis, 04 Juli 2013

Pengertian Intelegensia Semu

Intelegensia semu merupakan proses belajar bagaimana membuat komputer dapat melakukan banyak hal, dan pada saat yang bersamaan manusia dapat mengeijakannya juga (Rich dan Knight, 1991, p3). Intelegensia Semu meliputi bagaimana mempelajari manusia dalam melakukan proses suatu gagasan atau pekeijaan dan bagaimana mempresentasikan proses atau gagasan tersebut kepada mesin seperti komputer. Menurut Mark Fox (Turban, l992,p5) dari Universitas Carnegie Mellon Intelegensia Semu adalah dasar teori dari bagaimana manusia melakukan suatu pekerjaan sesuai dengan ide atau gagasannya. Winston (1992, p27) mengemukakan tiga tujuan dari intelegensia semu, yaitu: 

• Membuat mesin yang pintar. 

Sebagai tujuan utama dari intelegensia semu. 

• Memberi pemahaman atas intelegensia itu sendiri. 

• Membuat mesin yang bermanfaat bagi manusia. 

Intelegensia semu harus dilandasi atas teori dan dasar-dasar aplikasi. Dasar-dasar ini meliputi struktur data yang digunakan dalam mempresentasikan suatu ilmu intelegensia semu, algoritma yang diperlukan dalam pengaplikasiannya, bahasa dan teknik pembuatan program yang digunakan dalam implementasi suatu ilmu Intelegensia semu. 

Intelegensia semu merujuk kepada satu bidang di mana komputer berupaya melakukan tugas sama seperti manusia. Dalam keadaan ini, komputer tersebut dapat dikatakan cerdas. Yang dimaksud dengan cerdas disini, yaitu : kemampuan komputer tersebut belajar, memahami, mengambil keputusan dan belajar dari pengalaman. Pacta situasi tertentu, intelegensia semu memungkinkan komputer menerima pengetahuan melalui input dari user dan menggunakan pengetahuan tersebut melalui simulasi proses penalaran untuk memecahkan masalah yang dihadapinya. Pengetahuan tersebut terdiri atas fakta, teori, pemikiran dan prosedur yang saling berhubungan satu sama lain. 

ads

Ditulis Oleh : Dermon Siahaan Hari: 17.21 Kategori:

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar