Tantangan Di dalam Menciptakan CRM Yang Berbasis Internet. Dalam menciptakan CRM yang berbasis internet, terdapat beberapa lanlangan yang harus dihadapi, anlara lain :
a. Konsistensi strategi untuk menciptakan media interaksi yang terintcgrasi
Strategi yang dikembangkan sebaiknya diintegrasikan pada seluruh media layanan dengan menggunakan data pelanggan yang konsisten, sehingga dapat menciptakan media yang paling cocok untuk tipe-tipe interaksi I transaksi yang diinginkan pclanggan. Slralegi tcrscbul harus memperhilungkan kebutuhan saat ini dan kebutuhan yang akan datang.
b. Keseimbangan antara interaksi swalayan dan interaksi yang dibantu petugas
Anggapan bahwa masa depan layarian pelanggan merupakan pilihan antara
swalayan berbasis web dan interaksi tradisional yang dibantu oleh petugas. Anggapan tersebut gaga! melihat bahwa di masa mendatang berbagai media itu akan semakin terintegrasi sehingga meningkatkan kualitas interaksi. komunikasi interaktif yang memungkinkan petugas dan pelan.ggan berinteraksi kwal web secara langsung.
c. Mengadopsi tt-knologi yang tepat pad a waktu yang tepat Contoh beberapa teknologi yang tepat yang sudah tersedia saat ini: l. Penanganan masalah dengan teknologi knowledge management
Memasukkan pengetahuan yang dibutuhkan oleh pelanggan untuk menangan i masalah ke dalam basis pengetahuan dimana pelanggan dapat mengakses basis pengetahuan tersebut secara langsung.
2. Manajemen dalam membalas email
Mengatur dan mengontrol supaya email yang diterima oleh organisasi disampaikan pada pihak yang paling cocok dan sanggup membalas email tersebut, dan juga membuat sistem yang dapat menjawab pertanyaan pelanggan baik bagi pertanyaan standar dan khusus bagi pelanggan. Beberapa hal yang menjadi kunci keberhasilan penerapan teknologi CRM berbasis intemet:
l. Tingkat kesiapan pelanggan dalam menggunakan teknologi tersebut.
2. Kincrja yang dihasilkan oleh teknologi tersebul dibandingkan dengan harapan pelanggan.
3. lntegrasi teknologi baru dengan teknologi yang sudah ada.
4. Perancangan dan pengembangan teknologi yang menjadi basis bagi pengimplementasian yang tepat waktu.
5. Penggunaan personalisasi yang disediakan oleh aplikasi berbasis web.
6. Tingkat kematangan teknologi yang digunakan.
d. Mengukur harapan pelanggan terhadap layanan berbasis web
Pelanggan akan menggunakan internet sebagai media interaksi hanya jika pelanggan mcrasa nyaman dalam menggunakan media tersebut. Untuk itu tingkat kenyamananya harus disesuaikan pelanggan. Tetapi internet bukan merupakan media yang cocok bagi pelanggan yang merasa tidak nyaman menggunakannya. Untuk itu web harus ditujukan pada pelanggan yang tepat dan untuk alasan yang tepat.
e. Tetap mengcmbangkan lingkungan layanan yang telah digunakan
Meskipun i/1/ernet adalah media yang lebih murah, tetapi jika semua interaksi pelanggan dibatasi pada media tersebut maka hal itu tidak akan mencapai keuntungan yang diharapkan dari sistem CRM berbasis internet tetapi justru akan memberikan efek yang negatif.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Tantangan Di dalam Menciptakan CRM Yang Berbasis Internet "
Posting Komentar