Ringkasan dan tinjauan
Apa yang penting dari media komunikasi dan teknologi informasi?
Apakah masyarakat informasi itu?
Masyarakat informasi satu masyarakat dimana produksi, proses dan distribusi informasi menjadi aktivitas utama keonomi dan sosial. Dalam sebuah masyarakat informasi, sejumlah besar waktu dihabiskan dengan media komunikasi dan menggunakan teknologi informasi seperti telepon dan komputer. Banyak orang yang bekerja sebagai pekerja infromasi –orang yang memproduksi, memproses atau mendistribusikan informasi karena aktivitas kerja mereka yang utama. Masyarakat ifnormasi adalah tahap selanjutnya dalam evolusi masyarakat dari yang sebelumnya berbasis agrikultur dan manufaktur menuju ekonomi informasi, dimana manipulasi informasi adalah aktivitas ekonomi utamanya.
Apa yang kita maksudkan ketika kita berkata bahwa media massa dan teknologi informasi menyatu (konvergen)?
Kebanyakan komunikasi dibuat dan didistribusikan dalam bentuk digital yang dapat dibaca komputer. Ini artinya bahwa basis teknologi yang sama dapat digunakan untuk mentransmisi semua bentuk komunikasi –dimana dalam bentuk teks, audio, atau video- dan teknologi komputer dapat digunakan untu memanipulasi informasi yang disebut jaringan intelegensi. Kenyataannya, proses telekomunikasi dan komputer bergabung menuju tingkat tertentu dimana ktia dapat merujuknya sebagai sistem telematik dimana transmisi dan produksi data benar-benar terintegrasi. Dengan demikian, saluran yang terpisah tidak lagi dibutuhkan untuk setiap media. Organisasi yang memproduksi dan mendistribusikan komunikasi juga menyatu sebagai bagian dari tren konvergensi. Informasi superhighway adalah sebuah istilah yang digunakan untuk menggambarkan sistem media konvergensi rendah.
Apakah proses komunikasi itu?
Apa komponen dari proses komunikasi?
Semua proses komunikasi dapat digambarkan dalam istilah model sederhana dimana sumber perusahaan atau individual menyandi sebuah pesan dan mengirimkannya melalui saluran fisik kepada orang dimana pesan itu dimaksudkan, penerima. Kita menyebutnya dengan model SMCR. Dalam kebanyakan situasi komunikasi, feedback juga terdapat diantara penerima dan sumber. Proses komunikasi terjadi dalam konteks budaya yang dibagi oleh sumber dan penerima.
Apa saja tipe-tipe komunikasi?
Ketika saluran komunikasi adalah alat elektronik atau mekanik –seperti stasiun radio atau media cetak- kita menyebutnya komunikasi bermedia. Komunikasi bermedia dapat berupa point-to-point, point-to-mulipoint, atau multipoint-to-multipoint. Komunikasi dapat dicirikan sesuai dengan jumlah orang yang terlibat. Komunikasi intrapersonal melibatkan satu orang, komunikasi interpersonal biasanya melibatkan dua orang dan komunikasi kelompok kecil mencakup selusin partisipan. Komuniksi kelompok besar meliputi lusinan atau ratusan orang, tetapi feedback langsung. Komunikasi massa melibatkan ratusan atau ribuan orang, dan feedback tidak langsung. Komunikasi juga dapat ditandai sesuai setting dimana terjadi. Komunikasi organisasi terjadi dalam sebuah organsiasi struktur formal.
Apa yang dimaksud dengan interaktif?
Beragam makna berkaitan dengan istilah “interaktif”. Jaraknya dari kemampuan sederhana untuk memilih isi sampai sejumlahbesar pilihan pada alat yang dapat melewati test Turing dengan interakasi manusia sebenarnya. Istilah ini dapat ditempatkan untuk situasi dimana ada proses memberi dan menerima diantara dua atau lebih kelompok –yaitu, sebuah interaksi dimana seluruh kelompok merespond satu sama lain dan ciri dari respon tersebut adalah kebetulan dalam pertukaran sebelumnya.
Bagaimana teknologi baru mempengaruhi media massa?
Bagaimana perubahan media massa dalam masyarakat informasi?
Sistem konvergensi komputer, telekomunikasi dan media massa membawa beberapa perubahan fundamental dalam fungsimedia komunikasi massa. Sumber media massa menjadi lebih banyak, dan otoritas serta profesinalisme menjadi sedikit. Kemampuan mereka untuk beraksi sebagai penjaga gawat yang menset agenda bagi opini publik juga menjadi berkurang. Pesan diatur untuk segemen audien yang lebih kecil, terkadan bahkan menggunakan bentuk alamat personal dan khusus bagi segmen tertentu, alih-alih menjadi penyiaran bagi audiens yang seragam. Saluran berkemnag tidak hanya mencapai segmen audien yang baru tetapi juga untuk target lokasi tertentu. Akan tetapi, trend janga panjang adalah untuk mengintegrasikan banyak saluran khusus menjadi tunggal, seluruh jaringan digital serba guna akan menyedian akses untuk audiens yang tepat. Audiens juga demikian menjadi semakin kecil dan tidak anonim dibandigkan sebelumnya dan telah meningkat dan lebih cepat dalam menyediakan feedback kepada sumber dari isi media –dan bahkan pada orang yang berpartisipasi pada pembuatan isi tersebut.
Apa karakteristik dari kemunculan sistem media komunikasi?
Sistem media komunikasi yang muncul adalah digital, sebagai lawan dari analog. Bentuk media massa familiar seperti radio dan televisi berkembang menjadi bentuk baru, seperti videoteks, high definition televisi (HDTV), dan World Wide Web di internet, yang semuanya serba digital. Kemajuan teknis seperti kompresi digital, media broadband, dan jaringan fiber optic akan meningkatkan secara besar-besaran jumlah saluran yang datang ke rumah. Kemampuan interaksi yang baru akan memberikan kepada pengguna sebuah langkah mengontrol saluran yang mereka lihat dan isi dari saluran tersebut, termasuk kemampuan untuk memesan tayangan media yang mereka inginkan, sesuai kebutuhan. Teknologi digital juga membuatnya mungkin untuk mencampur teks, audio dan gambar komputer serta video ke dalam jaringan multimedia terintegrasi untuk membuat tayangan media seluruhnya dari komputer jaringan, dengan publishing desktop.
Artikel keren lainnya:
Belum ada tanggapan untuk "Apakah masyarakat informasi itu?"
Posting Komentar