1. Komponen Komunikasi
Komunikator (communicator)
Pesan (message)
Media (media)
Komunikan (communicant)
Efek (effect)
2. Proses Komunikasi
Proses secara primer
Proses secara sekunder
3. Bentuk Komunikasi
Komunikator Persona (Personal Communication)
1) komunikasi intrapersona (intrapersonal communication)
2) komunikasi antarpersona (interpersonal communication)
Komunikasi Kelompok (Group Communication)
1) Komunikasi kelompok kecil (small group communication) :
a) ceramah (lecture)
b) diskusi panel (panel discussion)
c) simposium (symposium)
d) forum
e) seminar
f) curahsaran (brainstorming)
g) dan lain-lain
2) Komunikasi kelompok besar (large group communication / public speaking)
Komunikasi Massa (Mass Communication)
1) pers
2) radio
3) televisi
4) film
5) dan lain-lain
Komunikasi Medio (Medio Communication)
1) surat
2) telepon
3) pamflet
4) poster
5) spanduk
6) dan lain-lain
4. Sifat Komunikasi
Tatap muka (face-to-face)
Bermedia (mediated)
Verbal (verbal)
1) lisan (oral)
2) tulisan / cetak (written / printed)
Nonverbal (non-verbal)
1) Kial / isyarat badaniah (gestural)
2) Bergambar (pictorial)
5. Metode Komunikasi
Jurnalistik (journalism)
1) jurnalistik cetak (printed journalism)
2) jurnalistik elektronik (electronic journalism)
jurnalistik radio (radio journalism)
jurnalistik televisi (television journalism)
Hubungan masyarakat (public relations)
Periklanan (advertising)
Pameran (exhibition / exposition )
Publisitas (publicity)
Propaganda
Perang urat saraf (psychological warfare)
Penerangan
6. Teknik Komunikasi
Komunikasi informatif (informative communication)
Komunikasi persuasif (persuasive communication)
Komunikasi instruktif / koersif (instructive / coersive communication)
Hubungan manusiawi (human relations)
7. Tujuan Komunikasi
Perubahan sikap (attitude change)
Perubahan pendapat (opinion change)
Perubahan perilaku (behavior change)
Perubahan sosial (social change)
8. Fungsi Komunikasi
Menyampaikan informasi (to inform)
Mendidik (to educate)
Menghibur (to entertain)
Mempengaruhi (to influence)
9. Model Komunikasi
Komunikasi satu tahap (one step flow communication)
Komunikasi dua tahap (two step flow communication)
Komunikasi multitahap (multistep flow communication)
10. Bidang Komunikasi
Komunikasi sosial (social communication)
Komunikasi manajemen / organisasional (management / organizational communication)
Komunikasi perusahaan (business communication)
Komunikasi politik (political communication)
Komunikasi internasional (international communication)
Komunikasi antarbudaya (intercultural communication)
Komunikasi pembangunan (development communication)
Komunikasi lingkungan (environmental communication)
Komunikasi tradisional (traditional communication)
B. PENGERTIAN DAN PROSES KOMUNIKASI
1. Pengertian Komunikasi
Istilah komunikasi atau dalam bahasa Inggris communication berasal dari kata Latin communicatio, dan bersumber dari kata communis yang berarti sama. Sama di sini maksudnya adalah sama makna.
Menurut Carl I. Hovland, ilmu komunikasi adalah : Upaya yang sistematis untuk merumuskan secara tegar asas-asas penyampaian informasi serta pembentukan pendapat dan sikap. Komunikasi adalah proses penyampaian pesan oleh komunikator kepada komunikan melalui media yang menimbulkan efek tertentu.
2. Proses Komunikasi
Proses komunikasi terbagi menjadi dua tahap, yakni secara primer dan secara sekunder.
a. Proses Komunikasi secara primer
Proses komunikasi secara primer adalah proses penyampaian pikiran dan atau perasaan seseorang kepada orang lain dengan menggunakan lambang (simbol) sebagai media.
b. Proses Komunikasi secara Sekunder
Proses komunikasi secara sekunder adalah proses penyampaian pesan oleh seorang kepada orang lain dengan menggunakan alat atau sarana sebagai media kedua setelah memakai lambang sebagai media pertama.
c. Unsur –unsur dalam Proses Komunikasi
Penegasan tentang unsur – unsur dalam proses komunikasi itu adalah sebagai berikut :
- Sender : Komunikator yang menyampaikan pesan kepada seseorang atau sejumlah orang
- Encoding : Penyandian, yakni proses pengalihan pikiran ke dalam bentuk lambang
- Message : Pesan yang merupakan seperangkat lambang bermakna yang disampaikan oleh komunikator
- Media : Saluran komunikasi tempat berlalunya pesan dari komunikator ke pada komunikan
- Decoding : Pengawasandian, yaitu proses di mana komunikan menetapkan makna pada lambang yang disampaikan oleh komunikator kepadanya
- Receiver : Komunikan yang menerima pesan dari komunikator
- Response : Tanggapan, seperangkat reaksi pada komunikan setelah diterima pesan
- Feedback : Umpan balik, yakni tanggapan komunikan apabila tersampaikan atau disampaikan kepada komunikator
- Noise : Gangguan tak terencana yang terjadi dalam proses komunikasi sebagai akibat diterimanya pesan lain oleh komunikan yang berbeda dengan pesan yang disampaikan oleh komunikator kepadanya
3. Komunikasi Massa
a. Ciri – Ciri Komunikasi Massa
Komunikasi massa (mass communication) adalah komunikasi melalui media massa, jelasnya merupakan singkatan dari komunikasi media massa (mass media communication).
1) Komunikasi massa berlangsung satu arah
2) Komunikator pada komunikasi massa melembaga
3) Pesan pada komunikasi massa bersifat umum
4) Media komunikasi massa menimbulkan keserempakan
5) Komunikan komunikasi massa bersifat heterogen
b. Fungsi Komunikasi Massa
Fungsi komunikasi massa menurut Harold D. Lasswell :
(a) Pengamatan terhadap lingkungan (the surveillance of the environtment), penyingkapan ancaman dan kesempatan yang mempengaruhi nilai masyarakat dan bagian – bagian unsur di dalamnya
(b) Kolerasi unsur – unsur masyarakat ketika menanggapi lingkungan (correlation of components of society in making a response to the environment)
(c) Penyebaran warisan sosial (transmission of the social inheritance). Di sini berperan para pendidik, baik dalam kehidupan rumah tangganya maupun di sekolah, yang meneruskan warisan sosial kepada keturunan berikutnya
Fungsi – fungsi komunikasi dan komunikasi massa yang begitu banyak itu dapat disederhanakan menjadi empat fungsi saja, yakni :
- menyampaikan informasi (to inform)
- mendidik (to educate)
- menghibur (to entertain)
- mempengaruhi (to influence)
Belum ada tanggapan untuk " PENGELOMPOKAN DAN PERKEMBANGAN ILMU KOMUNIKASI "
Posting Komentar