Bab ini akan memperkenalkan gagasan bahwa konvergensi komputer dan teknologi komunikasi sedang mengubah dunia di sekitar kita. Kita akan menguji sifat dasar proses komunikasi dan membedakan komunikasi massa;—seperti televisi, radio, surat kabar, dan film— dari jenis komunikasi lainnya. Berikutnya kita akan melihat bagaimana teknologi informasi mempengaruhi berbagai jenis komunikasi, terutama media massa. Kemudian kita akan memperkenalkan beberapa konsep dasar yang akan membantu anda untuk mulai memahami bagaimana media komunikasi dan teknologi informasi menyediakan suatu kerangka untuk sebuah masyarakat yang berdasarkan pada informasi.
Media komunikasi dan teknologi informasi merupakan komponen yang semakin penting bagi hidup kita. Banyak waktu yang kita gunakan dalam berkomunikasi menjadi bagian penting dari aktivitas keseharian. Dalam kaitan dengan konsumsi media, rata-rata orang dewasa Amerika mengggunakan waktunya sekitar empat jam sehari untuk menonton televisi, sekitar tiga jam untuk mendengarkan radio, dan sekitar setengah jam untuk membaca surat kabar. Tekhnologi informasi—seperti sistem telepon dan komputer pribadi (PC) menjadi semakin penting. Setiap orang Amerika menggunakan telepon sekitar setengah jam setiap harinya dan sekitar dua jam menggunakan komputer pribadi mereka. Ketika kita menghabiskan waktu untuk menonton bioskop, menyaksikan home video, mendengarkan rekaman musik, surat kabar dan membaca buku, atau berkomunikasi secara tatap muka dan tertulis, kita dapat mengetahui bahwa separuh waktu senggang kita digunakan untuk aktivitas yang melibatkan pertukaran informasi.
Dalam hal ini, pertukaran informasi merupakan suatu komponen penting dalam berbagai kegiatan pekerjaan. Lebih dari tiga perempat aktivitas ekonomi di Amerika Serikat saat ini melibatkan produksi, proses atau distribusi informasi. Para pekerja informasi sekarang, menyelesaikan kebanyakan tugas kerja dan sebagian pekerja bekerja dalam tugas informasi lebih dari dua kali jarak satu generasi (Dordick& Wang, 1993). Bahkan dalam pekerjaan pelayan, agrikultur, dan manufaktur—yang menguasai dunia kerja akhir tahun 1970an—teknologi informasi adalah pekerjaan yang semakin penting. Dampak dari perubahan ini begitu terasa dimana banyak pengamat menyimpulkan bahwa saat ini kita hidup dalam masyarakat informasi.
KONVERGENSI KOMPUTER DAN KOMUNIKASI
Transisi menuju masyarakat berbasis informasi berjalan dengan cepat melalui konvergensi teknologi informasi dan komunikasi serta melalui pertumbuhan jaringan berkapasitas tinggi yang membawa komunikasi dalam format digital yang dapat dibaca komputer. demikianlah, jaringan telepon publik interlokal semua telah digital, dan demikian juga perkembangan musik dan media cetakan yang kita konsumsi di rumah dibuat dan disebarkan dalam bentuk digital. Rencana untuk mengirimkan hiburan audio dan video ke rumah terjadi beberapa saat lagi. Sementara itu, proses konvergensi berjalan baik di dunia kerja, dimana jaringan perusahaan besar secara gratis menggabungkan transmisi percakapan telepon, dokumen elektronik, data komputer dan video.
Konvergensi komputer dan komunikasi secara teknik tergambarkan dalam tingkat lembaga dan masyarakat (lihat Gambar 1.1). Perusahaan telepon, komputer, televisi kabel, dan media bergabung dalam sebuah usaha untuk memenangkan peluang untuk menemukan dan mengendalikan masa depan komunikasi. Fakta bahwa sebelumnya bentuk telekomunikasi terpisah, seperti telepon dan televisi kabel, sekarang dapat terintegrasi ke dalam jaringan digital tunggal artinya masuk akal untuk membuat aliansi melewati batan industri yang sebelumnya begitu kaku. Sementara itu, perusahaan bisnis besar dan institusi publik sedang menyusun kembali peraihan keuntungan dari cara baru dalam berbisnis yang dimungkinkan dengan konvergensi teknologi
Konvergensi komunikasi dan teknologi informasi begitu penting sehingga muncul sebagai sebuah isu kebijakan publik di seluruh bumi. Negara-Negara kaya dan miskin sama-sama mengetahui makna pengembangan ini dan sudah menjadikannya sebagai bagian penting dari strategi pembangunan ekonomi mereka. Berbagai negara sekarang bersaingan untuk memajukan jaringan, kebanyakan mereka bersaing memiliki senjata berkekuatan tinggi dan kapal perang terbesar. Meskipun Amerika Serikat adalah negara pertama yang bertransisi menuju ekonomi informasi, negara-negara lain seperti Singapura, Perancis dan Jepang saat ini telah mengungguli AS dalam beberapa aspek penyediaan fasilitas dasar yang dibutuhkan untuk mendorong kehidupan dalam masyarakat informasi.
Penggunaan dan penyalahgunaan media komunikasi dan teknologi informasi juga meningkatkan banyaknya isu sosial dan politik yang menyerang secara berkala cara mereka untuk menuju puncak agenda publik. Masalah ini bersumber dari pengaruh kekesaran, rasisme, seksualitas dalam media sampai ancaman kebenasan pribadi yang ditimbulkan oleh penyebaran sistem kokmputer dan telepon yang telah canggih. Teknologi informasi meningkatkan sejumlah perhatian akan keamanan pekerjaan, kesempatan kesetaraan, kerahasiaan dan kesehatan di tempat kerja dan sekitar –kesenjangan antara yang kaya dan yang miskin. Gelombang infromasi melewati batas internasional dan keseimbangan pertukaran teknologi informasi dan layanan komunikasi adalah masalah yang penting dalam hubungan antar negara. Sebagaimana telah kita lihat dalam bab sebelumnya, daftar terus bertambah. Poin utamanya adalah, yang berasal dari titik pandang sosial dan budaya, sama denga dari perspektif teknologi, konvergensi teknologi informasi dan media komunikasi telah jauh berkembang. Hal itu menggambarkan perubahan fundamental dalam struktur kehidupan., seseorang mendapatkan kesempatan dan juga resko yang menghasilkan perhatian dari warga tahu.
MEDIA KOMUNIKASI
Banyak istilah yang telah digunakan untuk menjelaskan konvergensi teknologi. Di akhir tahun 1970-an, dua orang Sarjana Perancis, Nora dan Mine ( 1980), membuat istilah telematique—"telematics" dalam bahasa Inggris— untuk menjelaskan pengaruh dari gabungan komputer dan teknologi telekomunikasi.. Terminologi itu telah mendapatkan banyak dukungan tapi kelihatannya telah kehilangan makna. Yang lain lebih memilih "informatics" untuk menekankan jaringan informasi yang terlibat dalam konvergensi. Secara Metafora, superhightway informasi adalah bagi zaman informasi dimana sistem superhighway adalah bagi zaman industri, yaitu suatu jaringan umum dimana semua orang dapat melewatinya, baik tujuan mereka untuk perdagangan, pelayanan masyarakat atau memperoleh kebahagiaan. Istilah ini sering digunakan ketika menguraikan sistem telepon dan televisi kabel canggih yang mengkombinasikan suara, data dan video dalam jaringan tunggal.
Baru-baru Ini, Internet hampir disinonimkan dengan konsep superhighway informasi. Internet " jaringan jaringan" yang mendunia yang menghubungkan komputer sehingga dapat bertukar pesan satu dengan yang lain dan mengakses file data komputer. Jaringan seluruh dunia (WWW) adalah bagian dari Internet yang kaya dengan gambar dan mengijinkan para pemakainya untuk menelusuri diantara "halaman-halamnya" dengan memilih kata kunci atau lambang grafis tertentu. Banyak halaman web menawarkan video dan audio, grafik dan teks yang melambangkan konvergensi teknologi. Bagaimanapun, tidak begitu pasti apakah web akan akan berkembang menjadi superhighway informasi atau hanya mengikuti saja.
Meski Demikian, kita memerlukan sebuah istilah umum untuk merujuk pada konvergensi media massa, telekomunikasi, dan komputer yang tidak memerlukan kata-kata baru. Dengan demikian, secara sederhana kita akan menggunakan media komunikasi. Terminologi ini meliputi tidak hanya media sebagai pusat kajian komunikasi konvensional - radio televisi, media cetak dan film- tetapi juga telepon dan komputer.
Satu cara untuk mengapresiasi arti dari media komunikasi saat ini adalah memulainya dengan sebuah pemahaman akan pandangan media komunikasi manusia dan media komunikasi massa yang dikembangkan beberapa tahun sebelum penyatuan mereka dengan teknologi komputer. Oleh karena itu kita mulai dengan penjelasan ringkas pandangan ”klasik tentang proses komunikasi dan berbagai jenis komunikasi.
Belum ada tanggapan untuk "LINGKUNGAN MEDIA KOMUNIKASI YANG SEDANG BERUBAH "
Posting Komentar